Archive for September 2014

Fungsi Icon-Icon Pada Microsoft Word

  • Menu control window : untuk menutup, mengembalikan, memindahkan, mengukur, membesarkan dan mengecilkan jendela
  • Menu bar : baris yang berisi menu-menu perintah
  • Toolbar : baris yang berisi kumpulan gambar/simbol yang mewakili suatu perintah dalam menu
  • Statusbar : untuk menampilkan formasi tentang nomor halaman dokumen,posisi kursor,modus pengetikan dan keterangan singkat mengenai fungsi waktu
  • Titlebar : berisikan nama program aplikasi dan nama file yang sedang aktif. Baris judul ini digunakan untuk memindahkan jendela ke posisi lain yang dinginkan(digeser dengan mouse)
  • Icon maximize : untuk memperbesar jendela hingga satu layar penuh/mengembalikan jendela ke ukuran sebelumnya.
  • Icon minimize : untuk memperkecil jendela hingga membentuk icon aktif pada taskbar
  • Scroll bar : untuk menggulung jendela dokumen pada lembar kerja kekanan/kekiri dan keatas/ke bawah
  • Workspace area : daerah yang digunakan untuk melakukan pengetikan dokumen.
Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button  untuk melakukan minimize, maximize dan menutup aplikasi word.
Perbedaan Tab, Ribbon, dan Group:
Tab adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View.
Ribbon adalah area yang digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif.
Group adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.  Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi.
Office Button
Office Button terdiri dari dua area, yaitu area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save, Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah, yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007) dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word).
No
Nama Icon
Fungsi
1
New untuk membuat file dokumen kosong baru
2
Open untuk membuka file dokumen yang tersimpan
3
Save untuk menyimpan file dokumen aktif
4
Save As untuk menyimpan file dokumen ke dalam format tertentu
5
Print untuk mencetak file dokumen yang sedang aktif
6
Prepare untuk melakukan properti khusus terhadap file dokumen aktif
7
Send untuk mengirimkan file dokumen aktif sebagai email / faksimile
8
Publish untuk menerbitkan dokumen aktif ke website / blog / dll
9
Close untuk menutup file dokumen aktif
TAB HOME
Group Clipboard
No
Nama Icon
Fungsi
1
Paste untuk menempelkan hasil copy atau cut
2
Cut untuk memotong teks/objek terpilih
3
Copy untuk menggandakan teks/objek terpilih
4
Format Painter untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen lainnya
* Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group Font
No
Nama Icon
Fungsi
1
Font untuk memilih jenis huruf
2
Font Size untuk mengatur ukuran huruf
3
Grow Font untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
4
Shrink Font untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
5
Change Case untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
6
Clear Formatting untuk menghapus pemformatan teks terpilih
7
Bold untuk menebalkan teks terpilih
8
Italic untuk memiringkan Teks terpilih
9
Underline untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
10
Strikethrough memberikan tanda coret padateks terpilih
11
Subscript untuk mengetik karakter pemangkatan
12
Superscript untuk mengetik karakter pemangkatan
13
Text Effect untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
14
Text Highlight Color untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
15
Font Color untuk mengatur warna teks terpilih
Group Paragraph
No
Nama Icon
Fungsi
1
Bullets untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
2
Numbering untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
3
Decrease Indent untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
4
Increase Indent untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
5
Left-to-Right untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
6
Right-to-Left untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
7
Sort untuk menyortir data
8
Show Paragraph Marks untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraph
9
Align Text Left untuk mengatur teks rata kiri
10
Center untuk mengatur teks rata tengah
11
Align Text Right untuk mengatur teks rata kanan
12
Justify untuk mengatur teks rata kanan-kiri
13
Line Spacing untuk mengatur jarak antar baris teks
14
Shading untuk mengatur warna latar teks terpilih
15
Border untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih
Group Styles
No
Nama Icon
Fungsi
1
Heading Styles berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
2
Change Styles berisi pilihan pengaturan tema paragraph
Group Editing
No
Nama Icon
Fungsi
1
Find untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu file
2
Replace untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata tertentu dalam suatu file
3
Select untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
TAB INSERT
Group Pages
No
Nama Icon
Fungsi
1
Cover Page Untuk membuat cover/ sampul depan
2
Blank Page untuk menyisipkan sebuah halaman baru
3
Page Break Untuk memulai halaman selanjutnya pada posisi saat ini
Group Table
No
Nama Icon
Fungsi
1
Table untuk membuat table
Group Illustrations
No
Nama Icon
Fungsi
1
Picture untuk menyisipkan gambar ke dalam dokumen
2
Clip Art Untuk menyisipkan kreasi seni, film, suara atau photo yang telah terformat
3
Shapes untuk membuat bentuk-bentuk tertentu tanpa harus memakai aplikasi tambahan
4
SmartArt untuk menampilkan sebuah visualisasi informasi yang akan ditampilkan dalam bentuk gambar, sehingga mudah dan cepat dalam pembuatannya
5
Chart untuk membuat diagram
Group Links
No
Nama Icon
Fungsi
1
Hyperlink Untuk menambahkan sebuah link untuk sebuah halaman web
2
Bookmark untuk menyisipkan tanda yang dapat dipakai untuk di tuju pada dokumen
3
Cross-reference Digunakan untuk menyisipkanfootnote,caption, cross reference, dan indeks
Group Header & Footer
No
Nama Icon
Fungsi
1
Header untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian atas dari dokumen
2
Footer untuk membuat teks yang selalu muncul pada bagian bawah dari dokumen
3
Page Number untuk menyisipkan nomor halaman ke dokumen
Group Text
No
Nama Icon
Fungsi
1
Text Box untuk menyisipkan kotak teks pada dokumen
2
Quick Parts untuk menyisipkan objek-objek yang sering digunakan dengan cepat dan efisien
3
 WordArt untuk menyisipkan dekorasi tulisan ke dalam dokumen
4
Drop Cap Untuk menambahkan huruf kapital dalam ukuran besar di awal paragraph
5
Signature Line Untuk menyisipkan garis tanda tangan pemilik dokumen
6
Date & Time untuk menyisipkan tanggal dan waktu yang aktif pada dokumen yang sedang aktif
7
Object untuk menyisipkan objek ke dalam dokumen
Group Symbols
No
Nama Icon
Fungsi
1
Equation untuk membuat format matematika
2
Symbol untuk penyisipan simbol-simbol khusus
Tab Page Layout
Tab ini terdiri dari 5 Group perintah, yaitu : (1) Themes, (2) Page Setup, (3) Page Background, (4) paragraph, dan (5) Arrange.
Group Themes
No
Nama Icon
Fungsi
1
Themes untuk memilih tema halaman yang meliputi warna halaman berikut warna hurufnya
2
Color untuk mengatur warna tema halaman
3
Fonts untuk mengatur tema huruf yang akan diterapkan ke halaman dokumen aktif
4
Effect untuk mengatur tema efek terhadap objek Shape yang terdapat di halaman dokumen
Group Page Setup
group Page Setup yaitu : (1) Margins, (2) Orientations, (3) Size, (4) Columns, (5) Breaks, (6 ) Line Numbers, dan (7) Hypenation.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Margins untuk mengatur batas teks di halaman dokumen
2
Orientation untuk mengatur posisi kertas
3
Size untuk mengatur ukuran halaman
4
Columns untuk mengatur jumlah kolom teks
5
Breaks untuk mengatur kontinuitas halaman maupun kolom teks
6
Line Numbers untuk mengatur kontinuitas nomor baris teks
7
Hypenation untuk memisahkan suku kata dengan tanda hubung secara otomatis
Group Page Background
Ada tiga menu perintah: (1) Watemark (2) Page Color, dan (3) Page Borders.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Watermark untuk memberikan efek tanda air di belakang teks
2
Page Color untuk mengatur warna latar halaman
3
Page Borders digunakan untuk mengatur garis tepi halaman
Group Paragraph
perintah-perintah yang terdapat group ini: (1) Indent, dan (2) Spacing.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Indent untuk mengatur batas teks
2
Spacing untuk mengatur jarak antar paragraf
Group Arrange
No
Nama Icon
Fungsi
1
Position untuk mengatur posisi objek di dalam suatu halaman
2
Wrap text untuk mengatur posisi objek dalam kaitannya dengan paragraf teks
3
Bring Forward digunakan untuk untuk memposisikan suatu objek dengan objek lainnya
4
Send Backward digunakan untuk mengirim objek terpilih ke belakang objek lainnya
5
Selection Pane untuk menampilkan panel navigasi objek
6
Align digunakan untuk mengatur posisi objek lepas
7
Group digunakan untuk mengelompokkan beberapa objek menjadi satu grup
8
Rotate digunakan untuk memutar, dan membalik suatu objek terpilih
TAB REFERENCES
Tab References terdiri dari 6 group: (1) Table of Contens, (2) Footnotes, (3) Citation & Bibliography, (4) Captions, (5) Index, dan (6) Table of Authorities.
Group Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri dari 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update Table.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Table of Contens untuk pengelolaan daftar isi
2
Add Text untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat
3
Update Table untuk memperbarui daftar isi
Group Footnotes
Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Insert Footnote untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer)
2
InsertEndnote untuk menyisipkan catatan di akhir bab
3
Next Footnote. untuk memantau footnote dan endnote
4
Show Notes untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote
Group Citation & Bibliography
Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.
No Nama Icon Fungsi
1 Insert Citation untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif
2 Manage Sources untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen
3 Style untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan
4 Bibliography untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif
Group Captions
Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Inrert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Insert Caption untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan
2
Insert Table of Figures untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen
3
Update Table untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar
4
Cross-reference untuk menyisipkan referensi silang
Group Index
Group ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3) Update Index.
No
Nama Icon
Fungsi
1
Mark Entry untuk menandai masukan baru dalam dokumen
2
Insert index untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen
3
Update Index untuk memperbarui daftar indeks terkini
Group Table Ofauthorities
No
Nama Icon
Fungsi
1
Mark Citation Menambahkan text yang telah dipilih untuk dimasukkan kedalam table of authorities
2
Insert Table Of Authorities Menyisipkan table of authorities pada document
TAB MAILINGS
Group Create
No
Nama Icon
Fungsi
1
Envelopes untuk membuat dan mencetak amplop
2
Labels untuk membuat dan mencetak label
Group Start Mail Merge
No
Nama Icon
Fungsi
1
Start Mail Merge untuk membuat surat yang biasa atau berupa email untuk banyak orang
2
Select Recipients untuk membuat daftar penerima surat
3
Edit Recepient List untuk mengubah daftar penerima surat
Group Write & Insert Fields
No
Nama Icon
Fungsi
1
Highlight Merge Fields untuk mempermudah mengubah informasi yang salah
2
Address Block untuk memasukan alamat pada surat yang akan dituju
3
Greeting Line untuk menambah nama sapaan
4
Insert Merge Field untuk menambah informasi mengenai penerima suraT
Group Preview Result
No
Nama Icon
Fungsi
1
Preview Results untuk melihat hasil surat yang dibuat dan daftar penerima surat.
2
Find Recipient untuk mencari daftar penerima surat
GROUP FINISH
No
Nama Icon
Fungsi
1
Finish & Merge untuk mengetahui bahwa surat yang ibuat sudah lengkap
TAB REVIEW
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk review (kaji ulang) naskah. Seperti mengecek ejaan, mengubah bahasa, translasi bahasa, menyematkan komentar, dan sebagainya.
Group Proofing
No
Nama Icon
Fungsi
1
Spelling & Grammar Memeriksa ejaan teks
2
Research Membuka panel penelitian referensi
3
Thesaurus Saran kata yang sepadan
4
Translate Menerjemahkan kata ke bahasa lain
5
Translation Screen Tip Memungkinkan suatuscreen tip menerjemahkan ke dalam bahasa lain pada kata di kursor yang berhenti
6
Set Language Mengatur bahasa dengan mengecek dulu ejaan dan tata bahasa yang terpilih
7
Word Count Menemukan banyak kata, paragra, dan kalimat di dalam documen
Group Comments
No
Nama Icon
Fungsi
1
New Comment Memasukkan komentar baru
2
Delete Menghapus komentar
3
Previous Memperlihatkan komentar sebelumnya
4
Next Memperlihatkan komentar selanjutnya
Group Tracking
No
Nama Icon
Fungsi
1
Track Changes Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
2
Balloons untuk memilih atau melihat hasil kerja yang telah direvisi
3
Display For Review Memilih bagaimana memandang perubahan yang di usulkan pada dokumen
4
Show Markup Memilih markup seperti apa untuk menunjukkan dokumen
5
Reviewing Pane Menunjukkan suatu revisi pada jendela yang terpisah
Group Changes
No
Nama Icon
Fungsi
1
Acceptp And Move To Next menerima perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
2
Reject And Move To Next menolak perubahan baru dan mengusulkan perubahan selanjutnya
3
Previous Change MENAMPILKAN REVISI SEBELUMNYA DI DALAM DOKUMEN SEHINGGA DAPAT MENERIMA/MENOLAK
4
Next Change MENAMPILKAN DOKUMEN YANG DAPAT DITERIMA/DITOLAK
Group Compare
No
Nama Icon
Fungsi
1
Compare mengkombinasikan berbagai versi dari document
2
Show Source Documents MENUNJUKKAN SUMBER DOKUMEN YANG TERPILIH
Group Protect
No
Nama Icon
Fungsi
1
Protect Document untuk melindungi hasil kerja karena merupakan sebuah privasi
TAB VIEW
Halaman pada ribbon ini berisi tombol-tombol untuk mengatur tampilan dari aplikasi, seperti menentukan bentuk tampilan halaman, pengaturan perbesaran (zoom) tampilan, membuat macro, mengatur jendela-jendela yang ditampilkan, dan sebagainya.
Group Document Views
No
Nama Icon
Fungsi
1
Print layout untuk melihat hasil kerja yang akan di cetak
2
Full screen reading untuk melihat dan membaca hasil kerja dengan ukuran maksimal
3
Web layout untuk melihat hasil kerja di web
4
Outline view untuk melihat hasil kerja sesuai dengan urutan atau bagan
5
Draft view untuk melihat hasil kerja sesui dengan konsep, sehingga jika salah cepat dibenarkannya
Group Show/Hide
No
Nama Icon
Fungsi
1
Ruler, Gridlines, Message Bar,
Formula Bar, Heading
Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang
formula, dan heading
Group Zoom
No
Nama Icon
Fungsi
1
Zoom untuk Memperbesar tampilan
2
100% untuk memperbesar hasil lembar kerja ke ukuran normal
3
One Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam satu halaman penuh
4
Two Page untuk melihat hasil lembar kerja ke dalam dua halaman penuh
5
Page Width untuk melihat hasil lembar kerja sesuai dengan lebar halaman
Group Window
No
Nama Icon
Fungsi
1
New Window Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumenTersebut
2
Arrange All Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
3
Split Window Membagi jendela menjadi beberapa penel yang
memperlihatkanlembar kerja Anda
4
View Side By Side Memperlihatkan jendela berdampingan
5
Synchronous Scrolling Membuat dua jendela menggulung bersamaan
6
Reset Window Position Menset ulang posisi jendela berdampingan
Group Macros
No
Nama Icon
Fungsi
1
View Macros Memperlihatkan macro dokumen

Fungsi Icon Pada Microsoft word

Posted by : Unknown 0 Comments

Tutorial Microsoft Office Word 2007 Komplit

Modul Tutorial MS. Word 2007 – Microsoft Office Word merupakan perangkat lunak andalah Microsoft yang berfungsi sebagai pengolah kata. Banyak terdapat fasilitas dalam software ini, yang mampu menunjung berbagai keperluan bagi para penggunanya, mulai dari pengetikan text, penyusunan naskah atau pun proposal, laporan, karya ilmiah, surat lamaran kerja dan pembuatan diagram atau tabel serta menyisipkan berbagai objek gambar dalam tulisan.
Dalam catatan sejarah, microsoft office word pertama kali diterbitkan sekitar tahun 1983, dimana pada waktu itu namanya Multi-Tool Word untuk Xenik. Seiring dengan perkembangannya, maka munculah versi-versi terbaru lainnya untuk berbagai sistem operasi, seperti DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIK, OS/2, dan Microsoft Windows (1989) dan setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007, kemudian diberi nama Microsoft Office Word.
Sampai saat ini, mayoritas pengguna komputer menggunakan microsoft ofiice word 2007, namun karena MS. Word 2007 masih terbilang baru, maka banyak dari mereka yang masih kebingungan dalam mengoperasikan program tersebut. Untuk itu, lewat artikel ini, duniabaca.com bermaksud berbagi modul tutorial microsoft office word 2007 lengkap dengan sejarah perkembangan microsoft word.
Pesan Sponsor

Daftar Isi: TUTORIAL MICROSOFT WORD 2007 LENGKAP

F. Membuat Tabel
G. Menggunakan Drawing / AutoShapes
H. Rumus Ms. Word

SEJARAH MICROSOFT OFFICE WORD

Banyak ide dan konsep Word diambil dari Bravos, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi, meninggalkan Xerox PARC dan pindah ke Microsoft pada 1981. Simonyi juga menggaet Richard Brodie dari PARC. Pada 1 Februari 1983, pengembangan Multi-Tool Word dimulai.
Setelah diberi nama baru Microsoft Word, Microsoft menerbitkan program ini pada 25 Oktober 1983 untuk IBM PC. Saat itu dunia pengolah kata dikuasai oleh WordPerfect dan juga WordStar.
Word memiliki konsep “What You See Is What You Get”, atau WYSIWYG, dan merupakan program pertama yang dapat menampilkan cetak tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word processor berbasis DOS lain, seperti WordStar dan WordPerfect, menampilkan hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring, dan sebagainya.
Word untuk Macintosh, meski memiliki banyak perbedaan tampilan dari versi DOS-nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dari kode sumber versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser, meskipun belum ada produk seperti itu yang beredar untuk publik. Setelah LisaWrite dan MacWrite, Microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG ke dalam paket program Word for Macintosh. Setelah Word for Macintosh dirilis pada tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari masyarakat pengguna komputer. Microsoft tidak membuat versi Word 2.0 for Macintosh, untuk menyamakan versi dengan Word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi selanjutnya dari Word for Macintosh, adalah Word 3.0, yang dirilis pada tahun 1987. Versi ini mencakup banyak peningkatan dan fitur baru tapi memiliki banyak bug. Dalam hanya beberapa bulan, Microsoft mengganti Word 3.0 dengan Word 3.01, yang jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari Word 3.0 dikirimi surat yang berisi salinan Word 3.01 secara gratis, sehingga menjadikan hal ini kesalahan Microsoft paling mahal untuk ditebus pada waktu itu. Word 4.0, yang dirilis pada tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil digunakan.
Tahun 1990-1995
Pada rentang tahun ini, Word for Windows diluncurkan. Versi pertama dari Word for Windows dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 Dolar Amerika Serikat. Dengan dirilisnya Microsoft Windows 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya terdongkrak naik, mengingat Word for Windows 1.0 didesain untuk Windows 3.0 dan performanya sangat buruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft menunggu hingga merilis Word 2.0 untuk mengukuhkan Microsoft Word sebagai pemimpin pasar pengolah kata. (Sumber: id.wikipedia.org)

MEMULAI MICROSOFT WORD

Untuk memulai menjalankan program microsoft word? Silakan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih
3. Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
1. Judul Windows
Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah adalah Document1, Document2 dan seterusnya. Pada pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize
dan menutup aplikasi word.
2. Office Button
Digunakan untuk :
– Membuat file baru
– Membuka file
– Menyimpan file
– Mencetak
– Keluar dari word
Disebelah kanan office button terdapat button yang digunakan untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar.
3. Customize Quick Access Toolbar
Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai contoh jika kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar. Sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
4. Menu
Setiap menu yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
5. Toolbar
Merupakan deretan tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
6. Kursor
Kursor atau Insertion Point merupakan indikator tempat dimana teks akan muncul jika kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan karena Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melakukan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
7. Penggulung Teks
Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
8. Memasukkan Teks
Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks dapat langsung dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui:
* Tab digunakan untuk mengidentasi pada baris pertama.
* Word secara otomatis akan memulai baris baru sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman.
* Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya.
* Tekan enter untuk menambah baris kosong.
* Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks.
* Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk huruf I atau panah.
9. Memperbaiki Teks
Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut :
9.1 Menggunakan Mouse
Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.
9.2 Menggunakan Keyboard
Jika anda menggunakan tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off. Perhatikan tabel berikut ini.
Perpindahan Perintah
Satu karakter ke kiri
Satu karakter ke kanan
Satu baris ke atas
Satu baris ke bawah
Ke akhir baris End
Ke awal baris Home
Naik satu layar Page Up
Ke bawah satu layar Page Down
Akhir dokumen Ctrl + End
Awal dokumen Ctrl + Home
10. Menyimpan Dokumen
Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button save pada Toolbar atau bisa langsung menggunakan keyword dengan menekan Ctrl + S dan akan muncul sebuah dialog, Kemudian pilihlah lokasi file (directory) pada bagian Save in:, ketiklah nama file pada bagian File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc
11. Menutup Dokumen
Bila sudah selesai mengerjakan suatu dokumen dan sudah selesai menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan setelah itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
12. Membuka Dokumen
Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open, Word akan menampilkan dialog box, kemudian Anda carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bagian Look in lalu klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibuat tadi.

MEMBUAT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Memulai Pembuatan Naskah
  • Aktifkan lembar kerja Microsoft Word
  • Aturlah Margin lembar kerja
  • Ketiklah naskah yang diinginkan
B. Setting / Mengatur Halaman Microsoft Word
1. Klik Page Layout
a. Klik Tab Margin
b. Pilih bentuk margin yang diinginkan
c. Jika tidak ada ukuran yang cocok, klik di Custom Margin dan tentukan:
* Top : Jarak antara sisi atas kertas dengan teks/naskah.
* Bottom : Jarak antara sisi bawah kertas dengan teks/naskah.
* Left : Jarak antara sisi kiri kertas dengan sisi kiri naskah.
* Right : Jarak antara sisi kanan kertas dengan sisi kanan naskah.
* Gutter : Jarak spasi tambahan pada margin kiri yang ditujukan sebagai tempat penjilidan.
* Gutter Position : Letak gutter.
* Orientation : Pengaturan arah cetakan halaman dengan Portrait (memanjang) dan Landscape (melebar).
* Preview : Tampilan layar Word.
2. Paper Size
a. Klik di SIZE, kemudian tentukan ukuran kertas yang di inginkan.
b. Jika tidak ada yang sesuai klik di More Paper Size
Contoh : A4, Legal, dll.
C. Tata Cara Penulisan Microsoft Word 2007
  • Untuk pengetikan huruf besar di awal kata atau kalimat, tekanlah tombol Shift bersamaan dengan tombol huruf awal kata (jika Caps Lock tidak hidup)
  • Untuk pengetikan naskah dalam huruf besar semua, tekan tombol Caps Lock.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kiri tekan tombol Backspace.
  • Untuk menghapus kata atau kalimat sebelah kanan tekan tombol Delete.
  • Untuk menurunkan kursor ke baris berikutnya tekan tombol Enter.
  • Untuk masuk ke paragraph baru tekan tombol Tab.
  • Untuk memberikan spasi pada suatu kata atau kalimat tekan tombol Spacing.
  • Untuk menuju ke awal kalimat teks tekan tombol Home.
  • Untuk menuju ke akhir kalimat teks tekan tombol End.
  • Untuk mengaktifkan tombol angka keyboard sebelah kanan tekan tombol Num Lock.
D. Pengaturan Perataan Teks Microsoft Word
Untuk meratakan teks, pilih salah satu bentuk perataan yang diinginkan:
Align Left (Ctrl + L) : Perataan teks sebelah kiri.
Center (Ctrl + E) : Perataan teks di tengah.
Align Right (Ctrl + R) : Perataan teks sebelah kanan.
Justify (Ctrl + J) : Perataan teks sebelah kiri dan kanan

MENGEDIT NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Membuat Block Pada Teks
  • Menggunakan Keyboard, tempatkan kursor pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Tekan tombol Shift sambil menekan tanda panah ( –> ) ke awal kata / kalimat.
Atau bisa menggunakan Mouse
  • Klik kiri tanpa dilepas (drag ) pada awal kata / kalimat yang akan diblock
  • Seret penunjuk mouse hingga ke akhir kata / kalimat yang akan diblock
  • Lepas klik mouse tersebut
Untuk menghilangkan tanda block di teks klik di sembarang tempat dalam jendela dokumen.
B. Mengcopy Kata / Kalimat
  • Block kata / kalimat yang akan di-copy
  • Klik icon Copy atau dengan tombol Ctrl + C
  • Letakkan kursor pada tempat yang akan diletakkan hasil copy-an
  • Klik icon Paste atau dengan tombol Ctrl + V
C. Memindahkan Kata / Kalimat
  • Block kata / kalimat yang akan dipindahkan
  • Klik klik icon Cut atau dengan tombol Ctrl + X
  • Letakkan kursor pada tempat yang ingin dipindahkan.
  • Klik icon paste atau dengan tombol Ctrl + V
D. Membatalkan Perintah
Apabila dalam pengetikan tidak sengaja melakukan kesalahan, baik dalam pengeditan, pemformatan dan lain sebagainya maka gunakan:
Undo (Ctrl + Z) : Membatalkan pengeditan.
Redo (Ctrl + Y) : Membatalkan pembatalan pengeditan
E. Change Case
1. Blok kalimat / kata yang ingin dirubah format hurufnya.
2. Klik menu Home – Change Case
  • Sentence case : Mengubah kalimat pada teks dengan diawali huruf besar.
  • lowercase : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf kecil.
  • UPPERCASE : Mengubah kata atau kalimat dengan huruf besar.
  • Title Case : Mengubah setiap awal kata dengan huruf besar.
  • tONGLE cASE : Mengubah setiap awal kata dengan huruf kecil
F. Find, Replace, and Go To
1. Find (Mencari)
  • Klik icon Find atau tekan tombol Ctrl + F
  • Ketik kata yang akan dicari di kotak Find What
  • Klik Find Next untuk mencari
  • Tutup jendela tampilan ( X ) Find and Replace
2. Replace (Mengganti)
  • Klik icon Replace atau tekan tombol Ctrl + H
  • Ketik kata yang ada pada dokumen yang ingin diganti di kotak Find What
  • Ketik kata pengganti di kotak Replace With
  • Klik Replace All (Untuk mengganti semua kata) atau Replace (untuk mengganti satu kata saja)
  • Tutup jendela tampilan Find and Replace
3. Go To (Menuju Ke Halaman Tertentu)
  • Klik icon Go To atau tekan tombol Ctrl + G
  • Ketik angka atau nomor halaman yang dituju pada Enter Page Number.
  • Lalu klik Next

PEMFORMATAN NASKAH PADA MICROSOFT WORD 2007

A. Mengatur Paragraf dan Spasi
  • Klik icon Paragraph
  • Klik Indent and Spacing
  • Pada Spacing tentukan berapa spasi yang diinginkan
  • Klik Ok.
Atau dengan cara lain :
– Blok kalimat yang ingin diatur paragrafnya
– Tekan tombol kombinasi:
o Untuk 1 spasi tekan Ctrl + 1 (Single)
o Untuk 1½ spasi tekan Ctrl + 5 (1,5 lines)
o Untuk 2 spasi tekan Ctrl + 2 (Double)
B. Bullets and Numbering
1. Bullets
  • Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat Bullets.
  • Klik tab Home klik icon bullet
  • Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
  • Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  • Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  • Klik OK
2. Numbered
  • Blok atau tandai bagian naskah yang ingin dibuat numbered.
  • Klik tab Home klik icon numbered
  • Untuk memilih jenis bullet klik tanda panak ke bawah, klik bullet yang anda harapkan.
  • Selain itu juga bisa memilih alternatif Bulleted yang lain dengan mengklik Define New Bullet.
  • Klik Character, lalu pilih jenis Bulleted yang Anda inginkan.
  • Klik OK
C. Borders and Shading
1. Membuat Border
Dari tab Page Layout klik ikon page borders
Page Border : Membuat garis bingkai halaman.
* Setting : Memilih bentuk bingkai halaman.
* Style : Memilih bentuk garis bingkai halaman.
* Color : Memilih warna garis bingkai halaman.
* Width : Memilih ketebalan garis bingkai halaman.
* Art : Memilih jenis bingkai halaman.
*Options : Memberikan pilihan pada jarak bingkai.
Klik OK
2. Membuat Columns
Klik tab Page Layout
* Klik icon Columns
* Tentukan jumlah kolom yang kalian inginkan
* Jika tidak ada yang sesuai klik di More Coloums, kemudian tentukan jumlah kolom.
– Number of columns : Menentukan jumlah kolom.
– Width : Menentukan lebar kolom
– Preview : Melihat tampilan sementara
* Klik OK
3. Membuat Drop Cap
* Klik tab insert
* Klik di Icon Drop Cap
* Pilih Dropped atau In Margin
* Seandainya bentuknya tidak sesuai klik di Drop Cap Options
* Tentukan pengaturannya :
– Position : Pilih letak teks yang diinginkan.
– Font : Pilih jenis huruf.
– Lines to drop : Tentukan jumlah baris tinggi drop cap.
– Distance from text : Memodifikasi jarak drop cap dengan teks
* Klik OK
D. Menyisipkan Nomor Halaman Ms. Word 2007
Untuk dapat menyisipkan nomor di setiap lembar atau halaman pada microsoft word 2007, silakan ikuti langkah-langkah berikut :
  • Klik tab Insert
  • Klik icon Page Number
  • Klik tanda panah kebawah dan tentukan posisi number
  • Jika tidak ada yang sesuai, klik di Format Page Number
Format : Memodifikasikan format nomor halaman.
* Number format : Memilih format nomor halaman.
* Page numbering : Mengatur urutan nomor halaman.
– Continue from previous section : Penomoran halaman secara berurutan mulai dari awal hingga akhir.
– Start At : Pengaturan nomor halaman awal
E. Membuat Header dan Footer Ms. Word 2007
  • Klik di icon Header atau Footer
  • Klik tanda panah ke bawah dan tentukan posisi Header
  • Isikan catatan atas pada kolom Header dan catatan bawah pada kolom Footer
  • Klik Close
F. Menyisipkan Teks Word Art Pada Ms. Word 2007
  • Klik di icon WrdArt
  • Klik tanda panah kebawah dan pilih disain WordArt.
  • Edit WordArt Text: Ketik teks pada kotak teks.
* Font : Memilih jenis huruf.
* Size : Memilih ukuran huruf.
* B (Bold) : Teks WordArt cetak tebal.
* I (Italic) : teks WordArt cetak miring
  • Klik OKG. Menyisipkan Gambar Pada Microsoft Word 2007
    • Klik icon ClipArt
    • Pada pane tugas Insert ClipArt, klik Clip Organizer dan pilih gambar yang ada.
    • Klik perintah Copy dan tutup jendela Microsoft Clip Organizer
    • Klik perintah Paste
    • Memasukkan gambar dari File
    • Klik Icon Picture
    • Pilih file gambar yang ada – Klik tombol Insert

    MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT WORD 2007
    A. Membuat Tabel Word
    => Klik tab Insert Klik icon Table
    => Klik tanda panah kebawah dan tentukan jumlah baris dan kolom yang dibutuhkan. Jika tidak ada bentuk kolom yang sesuai, klik Insert Table
    o Table size : Ukuran table.
    * Number of columns : Tentukan jumlah kolom.
    * Number of rows : Tentukan jumlah baris
    o AutoFit behavior : Pengepasan tabel otomatis.
    o AutoFormat : Memilih bentuk format tabel.
    => OK
    B. Fasilitas Pengolahan Tabel
    Dari Menu Tab pilih :
    • Draw Table : Menggambar kotak tabel.
    • Insert : Menyisip tabel, kolom, baris atau sel.
    • Delete : Menghapus tabel, kolom, baris atau sel.
    • Select : Memilih tabel, kolom, baris atau sel.
    • Merge Cells : Menggabungkan sel.
    • Split Cells : Membagi sel.
    • Split Table : Membagi tabel.
    • Table AutoFormat : Memilih format tabel.
    • Auto Fit : Mengepas kolom / baris otomatis.
    • Heading Rows Repeat : Mengulangi judul tabel ke tabel halaman berikutnya.
    • Convert : Mengubah jenis penulisan teks menjadi tabel atau sebaliknya.
    • Sort : Mengurutkan data tabel.
    • Formula : Operasi perhitungan data tabel.
    • Hide Gridlines : Menyembunyikan garis bantu tabel.
    • Table Properties : Memodifikasikan tabel, kolom, baris atau sel
    C. Cara Menggunakan Formula Pada Microsoft Word 2007
    • Letakkan kursor pada sel yang akan diisi rumus
    • Klik tab Layout
    • Klik di icon Formula
    • Isikan kotak Formula dengan
    • Keterangan :
      o =Product(Left)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kiri
      o =Product(Right)→ Untuk mengalikan semua bilangan yang ada sebelah kanan
      o =Product(Above) → Untuk mengalikan semua bilangan yang ada diatasnya
      o =Sum(Left)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kiri
      o =Sum(Right)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada sebelah kanan
      o =Sum(Above)→ Untuk menjumlahkan semua bilangan yang ada atasnya
    • Klik OK

    CARA MENGGUNAKAN AUTOSHAPES 
    a. Membuat AutoShapes
    • Klik tab Insert Klik icon Shapes.
    • Klik tanda panah kebawah.
    • Pilih bentuk yang diinginkan.
    • Letakkan penunjuk mouse diawal gambar.
    • lalu drag (seret) sesuai dengan keinginan, lalu lepas drag-nya.
    b. Memasukkan Teks pada AutoShapes
    • Klik gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
    • Klik icon Text Box
    • Klik pointer pada gambar AutoShape yang ingin diisi tulisan di dalamnya
    • Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut
    Atau
    • Klik kanan gambar AutoShape yang ingin diisi teks di dalamnya
    • Klik Add Text
    • Ketikkan Teks yang diinginkan dalam kotak tersebut

    RUMUS MICROSOFT WORD 
    A. Membuat Typesetting Matematis
    • Klik tab Insert Klik icon Equation
    • Klik tanda panah kebawah dan pilih jenis Equation yang anda inginkan
    • Jika tidak ada yang cocok klik di Insert New Equation
    • Ketik Equation yang anda inginkan
    • Jika telah selesai klik sembarang tempat dalam lembaran kerja
    B. Subscript (Pangkat bawah) dan Superscript (Pangkat Atas) Pada Microsoft Word 2007
    • Blok huruf atau kalimat yang akan dijadikan subscript atau superscript
    • Klik tab Insert dan klik icon Subscript atau Superscript
    • Dapat juga dengan mtekan tombol kombinasi:
    • o Ctrl + = atau klik icon (untuk subscript / huruf agak kecil dan kebawah sedikit)
      o Ctrl + Shift + = atau klik icon (untuk superscript / huruf agak kecil dan sedikit
      ke atas)
  •  

     

    Tutorial Microsoft Word 2007

    Posted by : Unknown 0 Comments

    Cara Booting BIOS

    Posted by : Unknown 0 Comments

    Pertama membuat akun di Edmodo terlebih dahulu, kunjungi www.edmodo.com lalu pilih tombol “I’m a Student" 


    Sebelum siswa mendaftar dan mendapatkan akun di Edmodo, mereka harus dibekali atau mempunyai 6 digit kode grup (dapat grup berupa kelas atau mata pelajaran) dari guru mereka.
    Isi semua data : firstname dan last name, siswa harus mengisikan nama mereka yang sesungguhnya. Dalam pendaftaran sebagai siswa harus ingat username danpassword. Setelah semua baris telah diisi, ingat untuk klik atau centang kotak You and your parent agree to our Terms of Service and our Privacy Policy. Lalu pilih tombol “sign up” sehingga pendaftaran dapat diproses.

    Pengaturan account
    Dari halaman pengaturan akun, Anda dapat mengatur untuk informasi profil, memasang dan mengganti foto.  Untuk pengaturan Klik Me sudut kanan atas, Dalam menu tersebut silahkan pilih “Setting”. 
    Di halaman ini Anda dapat melakukan berbagai hal diantaranya adalah:
    1. Mengubah foto profil  Anda dapat memilih untuk mengunggah foto dari komputer pribadi atau menggunakan icon yang telah disediakan.
    2. Mengubah informasi pribadi  Anda dapat menambahkan ataumengubah nama beserta alamat email.
    3. Anda dapat mengubah kata sandi (password)
    5. Menentukan notifikasi  pilih menu drop down notifikasi untuk menentukan mode notifikasi. Terdapat tiga pilihan yaitu tanpa notifikasi,  notifikasi melalui email atau SMS/teks. Jika Anda memilih notifikasi melalui email, artinya setiap pembaharuan aktivitas yang ada di akun Edmodo Anda akan diberitahukan melalui email. Jika Anda memilih notifikasi melalui teks, maka pemberitahuan akan dikirimkan melalui SMS ke HP Anda. Namun dalam hal ini baru penyedia layanan selular di wilayah Amerika saja yang baru bisa sedangkan di Indonesia belum. Untuk itu jika Anda memilih ingin adanya pemberitahuan, maka pilihlah
    notifikasi melalui email.
    6. Tipe notifikasi : Anda dapat memilih tipe pemberitahuan yang akanditerima dengan cara member tanda centang di kotak terhadap satu atau beberapa pilihan diantaranya:
    ·         Alerts : setiap ada tanda atau indikasi peringatan
    ·         Notes : setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan notes
    ·         Direct message: setiap ada anggota dari kelas Anda yang mengirimkan pesan pribadi
    ·         Replies:  setiap ada anggota kelas yang membalas notes dari anggota lainnya.
    ·         New group members : setiap ada anggota baru di kelas Anda o Group join request _ setiap ada permintaan untuk bergabung di grup kelas/mata pelajaran/kelompok kerja yang ada di edmodo Anda.
    Membaca Modul Pelajaran
    Untuk dapat melihat modul bahan bacaan, power point, video ataupun materi lainnya. Klik group anda.


    Setelah masuk, lalu klik folder
    Setelah klik pilih materi yang ingin dibaca atau dipelajari


    Anda bisa mendownload materi dan menyimpannya di komputer atau anda bisa langsung melihatnya di komputer tanpa menyimpannya

    Untuk melihat tugas atau kuis yang diberikan, silahkan klik Filter post by. Lalu disana Anda bisa memilih assigement/Tugas dan quizez untuk kuis.
    Bila anda sudah selesai mengerjakan tugas dan telah menyimpannya dalam bentuk documen dan siap untuk turn in, maka klik file dan upload. (harap diingat dimana nama file dan tempat anda menyimpan document nya)
    Bila anda sudah memasukan tugas dalam bentuk file akan terlihat :

    Bila anda memasukan tugas dalam bentuk link akan terlihat seperti ini :

    Blia anda mengerjakan Quizes atau kuis. Harap diingat bahwa pengerjaan kuis ini ada tenggang waktunya. Jadi begitu sekali buka sudah dihitung waktunya. Oleh karena itu siapkan diri anda dengan baik sebelum membuka kuis.

    Menggunakan Smartphone
    Turn in Menggunakan Smartphone : tugas sebaiknya disimpan terlebih dahulu di Dropbox (Instal dan aktifkan dropbox) setelah itu klik file dan pilih file di dropboa dan setelah itu submit

    Cara Menggunakan Aplikasi Edmodo

    Posted by : Unknown 0 Comments

    - Copyright © 2013 Gudangnya Ilmu Pengetahuan - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -