Posted by : Unknown Kamis, 02 Oktober 2014

 logic gate (AND, OR, XOR, NOT, NAND, NOR, and XNOR)



Sebuah gerbang logika adalah blok bangunan dasar dari sirkuit digital. Kebanyakan gerbang logika memiliki dua input dan satu output. Pada saat tertentu, setiap terminal dalam salah satu dari dua kondisi biner rendah (0) atau tinggi (1), diwakili oleh level tegangan yang berbeda. Keadaan logika terminal dapat, dan umumnya tidak, sering berubah-ubah, karena data proses sirkuit. Dalam kebanyakan gerbang logika, negara rendah adalah sekitar nol volt (0 V), sedangkan tinggi negara adalah sekitar lima volt positif (+5 V).

Ada tujuh dasar gerbang logika: AND, OR, XOR, NOT, NAND, NOR, dan XNOR.



Gerbang AND dinamakan demikian karena, jika 0 disebut "palsu" dan 1 disebut "benar," tindakan gerbang dengan cara yang sama seperti logika "dan" operator. Berikut ilustrasi dan tabel menunjukkan simbol sirkuit dan kombinasi logika untuk gerbang. (Dalam simbol, terminal input berada di sebelah kiri dan terminal output di sebelah kanan.) Outputnya adalah "benar" ketika kedua input adalah "benar." Jika tidak, output adalah "palsu."



/WhatIs/images/and.gif (220 bytes)

gerbang

Input 1 Input 2 output
  
   1
1
1 1 1



Gerbang OR mendapatkan namanya dari fakta bahwa ia berperilaku setelah mode logis inklusif "atau." Outputnya adalah "true" jika salah satu atau kedua input adalah "benar." Jika kedua input adalah "false", maka output adalah "palsu."

/WhatIs/images/or.gif (224 bytes)

OR gate

Input 1 Input 2 output
  
   1 1
1 1
1 1 1



XOR (eksklusif-OR) gerbang bertindak dengan cara yang sama seperti logika "baik / atau." Outputnya adalah "true" jika salah, tetapi tidak keduanya, input yang "benar." Outputnya adalah "false" jika kedua input adalah "palsu" atau jika kedua input adalah "benar." Cara lain untuk melihat rangkaian ini adalah untuk mengamati bahwa output adalah 1 jika input berbeda, tapi 0 jika input adalah sama.



gerbang XOR
Input 1 Input 2 output
  
   1 1
1 1
1 1



Sebuah inverter logis, kadang-kadang disebut gerbang NOT untuk membedakannya dari jenis-jenis perangkat inverter elektronik, hanya memiliki satu masukan. Ini membalikkan logika negara.



/WhatIs/images/not.gif (240 bytes)


Inverter atau gerbang NOT
Input Output
1
   1



Gerbang NAND beroperasi sebagai gerbang diikuti oleh gerbang NOT. Bertindak dengan cara operasi logis "dan" diikuti dengan negasi. Outputnya adalah "false" jika kedua input adalah "benar." Jika tidak, output adalah "benar."

/WhatIs/images/nand.gif (240 bytes)

gerbang NAND
Input 1 Input 2 output
   1
   1 1
1 1
1 1



Gerbang NOR adalah kombinasi gerbang OR diikuti oleh inverter. Outputnya adalah "benar" jika kedua input adalah "palsu." Jika tidak, output adalah "palsu."

/WhatIs/images/nor.gif (237 bytes)

NOR gerbang
Input 1 Input 2 output
   1
   1
1
1 1



XNOR The (eksklusif-NOR) gerbang adalah kombinasi gerbang XOR diikuti oleh inverter. Outputnya adalah "benar" jika input adalah sama, dan "palsu" jika input berbeda.

/WhatIs/images/xnor.gif (278 bytes)

XNOR gerbang
Input 1 Input 2 output
   1
   1
1
1 1 1

Menggunakan kombinasi dari gerbang logika, operasi kompleks dapat dilakukan. Secara teori, tidak ada batasan untuk jumlah gerbang yang dapat tersusun bersama-sama dalam satu perangkat. Tapi dalam prakteknya, ada batasan untuk jumlah gerbang yang dapat dikemas ke dalam ruang fisik yang diberikan. Array dari gerbang logika yang ditemukan dalam sirkuit terpadu digital (IC). Sebagai kemajuan teknologi IC, physical volume yang dibutuhkan untuk setiap individu menurun gerbang logika dan perangkat digital yang sama atau lebih kecil ukuran menjadi mampu melakukan operasi yang pernah-lebih-rumit dengan kecepatan yang terus meningkat.

Ini terakhir diperbarui pada Januari 2011
Posted by: Margaret Rouse
Persyaratan terkait
definisi

     media center PC

     - Sebuah media center PC adalah komputer khusus yang terhubung ke TV digital pengguna. Komponen komputer biasanya dipilih untuk karakteristik seperti konsumsi daya yang rendah, disipasi panas rendah, i ... (WhatIs.com)
     geo-fencing (geofencing)

     - Geo-pagar adalah fitur dalam program perangkat lunak yang menggunakan global positioning system (GPS) atau identifikasi frekuensi radio (RFID) untuk menentukan batas-batas geografis. Sebuah geofence adalah barr virtual ... (WhatIs.com)
     Bandwidth

     - Definisi: Pelajari apa bandwidth dan bagaimana istilah ini digunakan sebagai sinonim untuk rentang frekuensi sinyal, kecepatan transfer data dan kapasitas. (SearchEnterpriseWAN.com)

Glosari

     Elektronik

     - Persyaratan yang berkaitan dengan elektronik, termasuk definisi tentang komponen listrik dan kata-kata dan frase tentang komputer, bagian laptop, kamera digital, televisi dan peralatan rumah.
     aplikasi Internet

     - WhatIs.com glossary ini berisi istilah yang terkait dengan aplikasi Internet, termasuk definisi tentang Software as a Service (SaaS) model pengiriman dan kata-kata dan frase tentang situs web, e-commerce ...

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Gudangnya Ilmu Pengetahuan - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -