Posted by : Unknown Kamis, 02 Oktober 2014

Desa-Desa yang Memiliki Fenomena Terunik

 Desa merupakan sebuah wilayah yang memiliki kondisi begitu berbanding terbalik dengan perkotaan. Di sana, kita kerap menemukan ketenangan dan kenyamanan sebab tingkat polusi yang dihasilkan masih lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat polusi di daerah perkotaan. Di sana kita juga dapat melihat hamparan sawah hijau yang segar, air sungai yang mengalir jernih, serta berbagai fenonena lain yang menarik untuk diperhatikan. Namun tahukah Anda? Beberapa desa berikut memiliki fenomena yang begitu unik. Ada yang letaknya di tengah kawah gunung berapi, bahkan ada pula yang selalu diguyur hujan setiap sore hari. Bahkan ada pula desa yang seluruh penduduknya hidup bergelimpangan harta. Wah? Semakin penasaran kan dengan kisah lengkapnya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Desa Terkaya Di Dunia (Desa Huaxi, China)

Foto Desa Huaxi(2) Oleh Unik SegiEmpat
Inilah salah satu desa yang memiliki fenomena terunik di dunia. Walaupun hanya didiami oleh 576 jiwa penduduk, namun Desa Huaxi telah dikenal sebagai desa terkaya di dunia. Kekayaan tersebut jelas terlihat dari berbagai fasilitas yang dimiliki oleh setiap penduduknya. Penduduk Desa Huaxi setidaknya memiliki minimal satu unit rumah, dua buah mobil serta tabungan yang nilainya mencapai USD 250.000 atau setara dengan 2 milyar rupiah. Bahkan merek mobilnya pun bukan mobil sembarang. Sebab mobil-mobil mereka masuk dalam jajaran mobil mewah yang brand nya begitu mendunia, seperti BMW, Mercedes Benz dan Cadillac. Kekayaan penduduk setempat bahkan telah menggelitik hati para pejabat sehingga banyak diantara mereka yang menyempatkan waktunya untuk datang ke sini untuk melihat secara langsung perubahan drastis dari desa yang dulunya sangat sepi menjadi sekaya sekarang. Uniknya, bukan hanya pejabat saja yang tergelitik hatinya, namun para investor dari luar rela mendonasikan perusahaan mereka hingga jutaan dollar hanya agar dapat tinggal di sini.
Foto Desa Huaxi(1) Oleh Unik SegiEmpat
Lantas? Apa rahasia kesuksesan penduduk setempat? Ternyata, mereka semua bekerja di perusahaan industri yang terletak di Desa Huaxi. Pimpinan desa juga selalu menerapkan kombinasi prinsip dasar sosialis komunis dan pasar bebas dalam pekerjaan. Di sini, mereka juga mendapatkan pakaian gratis, makanan sehat dan bebas minyak serta berbagai tunjangan kesehatan. Pemerintah setempat bahkan rela membangun replica Menara Eiffel, Paris, hanya untuk mempertahankan penduduk setempat agar mereka terus betah tinggal di sini.

2. Desa yang Berada Di tengah Kawah Gunung Berapi (Desa Di Pulau Aigashima, Jepang)

Foto Aigashima Oleh Unik SegiEmpat
Aigashima merupakan sebuah pulau vulkanik yang memiliki sebuah kawah besar di bagian tengahnya. Uniknya, di dalam pulau Aigashima masih ada saja sebuah desa yang didiami oleh sekitar 200 orang penduduk. Bahkan seluruh penduduk di sana memiliki rumah yang letaknya tepat di kawah gunung berapi. Desa ini juga memiliki atraksi wisata yang dapat menarik perhatian para wisatawan. Di sini, Anda dapat mencoba berbagai fasilitas wisata yang disediakan seperti hiking, merasakan sensasi mandi air panas, atau melakukan camping di gunung berapi. Anda juga dapat menemukan sebuah kolam geothermal yang oleh penduduk setempat justru digunakan sebagai tempat sauna alami. Namun tahu kah Anda? Sebenarnya gunung berapi yang ada di pulau ini terbilang masih aktif. Bahkan erupsi besar terakhir pernah terjadi pada tahun 1785 silam dan menewaskan setidaknya 140 jiwa. Sejak saat itu, penduduk setempat terus mewaspadai erupsi susulan yang mungkin saja dapat terjadi. Anda dapat mencapai pulau ini menggunakan kapal ferri atau helikopter.

3. Desa yang Setiap Sore Selalu Diguyur Hujan (Desa Kwatisore, Indonesia)

Foto Desa Kwatisore Oleh Unik SegiEmpat
Ya, benar sekali. Desa bernama unik ini memang berada di Indonesia, tepatnya di Taman Nasional Teluk Cendrawasih, Nabire, Papua. Nama desa ini sendiri merupakan singkatan dari kalimat “Khawatir Sore”. Mungkin Anda cukup tergelitik mendengarnya, namun nama tersebut diambil karena setiap sore hari, desa ini selalu diguyur air hujan, bahkan pada saat musim kemarau sekalipun. Desa Kwatisore memiliki jalanan yang begitu bersih dan udara yang bebas dari polusi udara. Hal tersebut terjadi karena penduduk desa tak menggunakan kendaraan bermotor. Selain udaranya yang segar dan jalanannya yang bersih, Desa Kwatisore juga dikenal sebagai desa yang memiliki pemukiman yang berjajar begitu rapi. Di sini, tawa anak-anak setempat akan terdengar membahana kala sore hari tiba. Namun, Desa Kwatisore akan begitu gelap saat malam hari tiba, sebab di sini penerangan masih sangat minim karena pasokan listrik masih sangat terbatas. Namun kondisi tersebut justru semakin memperkuat tali silahturahmi mereka, sebab di setiap malam warga desa akan berkumpul di sebuah bangunan yang terletak di tengah desa. Di bangunan tersebut, mereka akan menonton televisi bersama-sama.

 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © 2013 Gudangnya Ilmu Pengetahuan - Shingeki No Kyojin - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -